WHAT'S NEW?
Loading...

Berawal dari Tukang Kayu Hingga Jadi Nomer Satu


           Kisah seorang pemimpi berikutnya adalah sosok yang kini menjadi salah satu pemimpin di negara ini. Yaps.. Pak Joko Widodo. Tidak hanya Bp. Dahlan Iskan yang ceritanya dapat menginspirasi kita, namun perjuangan Pak Joko Widodo atau yang kerap di panggil Pak Jokowi, juga akan menginspirasi kita. Berikut pemaparannya.

           Kisah hidup Bp. Jokowi dimulai saat beliau dilahirkan di Surakarta, oleh pasangan Noto Mihardjo, dan Sujiatmi. Beliau adalah kakak tertua dalam keluarganya, beliau memiliki 3 adik perempuan, antara lain Iit Sriyantini, Ida Yati, Titik Relawati. Pendidikan Bp. Jokowi dimulai dari SD Negeri 111 Tirtoyo. Sebuah sekolah yang terkenal sebagai sekolah kalangan orang-orang menengah ke bawah. Hidup Jokowi kecil jauh dari kata-kata kaya. Karena beliau diharuskan membantu orang tuanya berdagang, mengojek payung, hingga menjadi kuli panggul untuk membiayai keperluan sekolah dan uang jajannya. Jokowi kecil memulai pekerjaan sebagai penggergaji kayu ketika ia berumur 12 tahun, ketika ia sadar bahwa ia memiliki keahlian dalam dunia pertukangan. Selama masa kecilnya, beliau telah mengalami penggusuran rumah sebanyak tiga kali. Untuk itu, beliau berjuang keras untuk hidupnya.

          Setelah lulus SD, beliau melanjutkan pendidikannya ke SMPN 1 Surakarta dan kemudian berlanjut ke SMAN 6 Surakarta. Setelah pendidikan SMA berhasil diselesaikan, kini ia bermimpi lagi untuk dapat melanjutkan studinya, hingga akhirnya beliau berhasil masuk di jurusan Kehutanan di Universitas Gajah Mada. Dengan kemampuan yang ia miliki, ia berhasil meraih kursi di universitas tersebut. Ilmu tentang struktur kayu pemanfaatan dan teknologi yang didapat dari masa kuliah menjadi modal Jokowi untuk membuka usaha furniture. Walaupun beliau sempat bekerja di BUMN, Pak Jokowi pada akhirnya memutuskan keluar dan memulai usahanya. Beliau akhirnya membuka usahanya sendiri yang ia beri nama CV. Rakabu, nama yang sama dengan anak pertamanya. CV. Rakabu sempat berjaya dalam dunia permebelan, hingga Pak Jokowi dikenal dengan pengusaha furniture yang namanya dikenal hingga Eropa. Meski begitu, perusahaan mebel ini jatuh dan hancur ketika beliau dibohongj seorang klien dengan pesanan yang tidak dibayar.

           Pada tahun 2005, Pak Jokowi mulai terjun ke dunia politik. Ia diusung PDIP maju sebagai calon walikota Surakarta karena dianggap sebagai sosok yang sukses dan pintar. Tak butuh waktu lama, setelah satu tahun Pak Jokowi sudah berhasil memberikan perubahan drastis untuk Surakarta. Prestasinya itu membuat Pak Jokowi diajukan untuk menjadi gubernur ibu kota Jakarta pada tahun 2012. Beliau diberi tugas yang jauh lebih berat, namun beliau tak gentar. Kemudian pada pemilu gubernur, beliau berhasil mengambil hati rakyat dengan memenangkannya. Dan menjadi gubernur ibu kota Jakarta. Tak cukup sampai disitu saja, Bapak Joko Widodo juga berhasil dicalonkan menjadi calon presiden oleh PDIP dan berhasil memenangkan pemilu, dan membuat beliau menjadi presiden ke-7.

          Cerita yang begitu menginspirasi ini, membuat sutradara dan produser film tertarik mengangkat kisah masa lalu Bapak Jokowi. Seorang yang hanya bermimpi untuk menjadi pemimpin, kini beliau sampai pada ujung cita-citanya beliau memimpin ratusan bahkan ribuan orang sebagai presiden di negara Indonesia.


 *Dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar